Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Benar Melinjo Sebab Asam Urat ?

jendelakesehatan Apakah Benar Melinjo Sebab Asam Urat ? Halloo teman-teman, Mamang Eman mau bahas mengenai melinjo, tahukan kalian melinnjo? Nanti Mamang selipin gambar melinjo deh.. Karena melinjo ini setiap daerah namanya beda-beda. IYA GAAA?? hehehe...
Apakah Benar Melinjo Sebab Asam Urat ?

Melinjo merupakan buah yang sering dijadikan emping. Emping banyak ditemui sebagai cemilan atau pendamping makanan seperti soto dan nasi goreng. Melinjo juga sering ditambahkan pada sayur, terutama sayur asem. Berbagai informasi yang beredar di masyarakat menyatakan bahwa melinjo dapat menyebabkan penyakit asam urat. Benarkah hal ini?? 

Mamang Eman bahas sedikit tentang ASAM URAT, siapatahu ada yang belum tahu apaitu asam urat.. Yaaa kalo sudah ada yang tahu juga, baca baca lagi yaaa hehehe.Nah asam urat itu merupakan hasil metabolisme zat purin. Sebenarnya asam urat bukanlah sebuah penyakit. Namun, asam urat yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti hipertensi, batu ginjal, gagal ginjal, peradangan sendi, dan lain-lain.

Penyakit yang Timbul karena Asam Urat Berlebih
Kadar asam urat dalam darah yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh, diantarranya:

  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)


Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara asam urat dan hipertensi. Asam urat yang tinggi akan memicu peningkatan kekentalan darah sehingga jantung akan meningkatkan kinerjanya untuk menjaga aliran darah tetap stabil, sehingga tekanan dalam darah menjadi tinggi.

  • Diabetes melitus


Melinjo sering dijadikan emping. Bukan hanya emping asin, juga terdapat emping manis yang tak jarang menggunakan pemanis buatan yang berbahaya. Kombinasi emping dan pemanis ini akan berdampak pada naiknya kandungan gula dalam darah yang akan berpengaruh pada asam urat.

  • Batu ginjal


Asam urat akan mengalami proses ekskresi atau pengeluaran melalui urin. Ketika kadar asam urat dalam darah tinggi, akan terbentuk kristal asam urat yang terjadi di dalam ginjal sehingga memicu batu ginjal.

  • Gagal Ginjal


Asam urat yang tinggi juga dapat memicu gagal ginjal. Asam urat yang berlebih akan terperangkap dalam tubuh. Ginjal yang berfungsi sebagai organ ekskresi, terutama urin dapat tersumbat oleh kristal asam urat sehingga terjadilah gagal  ginjal.

  • Peradangan sendi


Peradangan sendi atau yang disebut arthritis gout adalah penyakit yang paling sering dialami oleh penderita kadar asam urat tinggi. Penyakit ini dikenal dengan nama rematik. Asam urat yang tinggi akan membentuk kristal asam urat yang akan menimbulkan benjolan di sekitar ibu jari kaki, lutut, tumit, dan pergelangan kaki.

Apakah benar melinjo sebabkan asam urat??
Mengonsumsi melinjo secara berlebihan memang dapat menyebabkan asam urat. Peningkatan asam urat terjadi karena gangguan metabolisme purin dan asupan purin tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan purin yang terkandung di dalam melinjo yang tinggi, yaitu sebesar 150 mg purin/100 gram melinjo. Kandungan purin dalam melinjo dapat berubah menjadi 220 mg ketika mengalami proses penggorengan, misalnya menjadi emping melinjo.
Makanan dengan kandungan purin yang tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari karena dapat menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh yang dapat berpotensi pada penyakit gout. Konsumsi yang berlebihan dan penggunaan minyak goreng dapat menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat.

Terimakasih
Eman Eman
Eman Eman Ordinary one who try to be an blogger and youtuber

Posting Komentar untuk "Apakah Benar Melinjo Sebab Asam Urat ?"