Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Kesalahan Penggunaan Antibiotik

Bahaya Kesalahan Penggunaan Antibiotik

antibiotik

Hallooooo dan hayoooooo!! siapa yang disini masih suka mengkonsumsi obat antibiotik tanpa resep dokter??? hmmmm jujur sama Mamang, ternyata bahaya loooohhh.. Dan Mamang bersyukur sekarang obat ini sudah susah diperjual belikan dengan sembarang tanpa resep yuhuuuu....

Bagi sebagian masyarakat, antibiotik masih dianggap sebagai obat ‘Dewa’ yang mampu mengobati berbagai keluhan. Kebiasaan menggunakan antibiotik untuk mengatasi keluhan terhadap beragam penyakit masih kerap dilakukan tanpa resep dokter. Padahal, penggunaan antibiotik yang terlalu sering justru berakibat fatal.

Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba, dr. Hari Paraton SpOG(K), mengatakan bahwa konsumsi antibiotik yang tidak bijak dapat menimbulkan resistensi terhadap bakteri maupun obat. Kondisi ini dapat mengancam keselamatan jiwa seseorang.

Pasien juga harus kritis
Kepada para pasien agar lebih kritis dalam menerima resep dari dokter. “Bertanyalah mengapa antibiotik diberikan, dosis yang dikonsumsi, serta lama pengobatannya,”. Keaktifan pasien sangat diperlukan karena pasien berhak mengetahui apakah indikasi penyakit yang dideritanya memang disebabkan oleh infeksi bakteri. Beberapa jenis infeksi bakteri nyatanya bisa sembuh dengan sendirinya, seperti radang tenggorokan, diare, batuk, pilek dan demam. Jadi, tidak semua penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri perlu mendapatkan penanganan antibiotik.
Bahaya yang mengintai
Terlanjur salah mengonsumsi antibiotik tubuh bisa menjadi kebal atau resisten terhadap bakteri. Dengan demikian, bakteri di tubuh pun akan semakin kebal dalam melawan antibiotik yang masuk.
Selain itu, konsumsi antibiotik secara bebas untuk penyakit yang tidak disebabkan oleh bakteri juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Sebab, konsumsi antibiotik bebas dapat menganggu bakteri baik pada usus.

Bahaya Kesalahan Penggunaan Antibiotik


Jadi, Kalau sedikit-sedikit minum antibiotik bebas, maka flora (bakteri) baik di dalam usus akan mati dan kekebalan tubuh pun menurun. Orang tersebut menjadi mudah terjangkit penyakit. 
Bagaimana mengontrol konsumsi antibiotik?
Tidak membeli antibiotik sendiri, tidak mengunakannya untuk penyakit selain infeksi bakteri. Selain itu, Anda juga diimbau untuk tidak menyimpan antibiotik di rumah.
Jadi, teman-teman Mamang sudah tahukan bahaya yang mengancam di depan mata saat mengonsumsi antibiotik secara sembarangan. Agar tidak mengalami kondisi yang membahayakan kesehatan, sebaiknya ikutilah kiat-kiat di atas. Okeee


Bahaya Kesalahan Penggunaan Antibiotik

Terimakasih
Eman Eman
Eman Eman Ordinary one who try to be an blogger and youtuber

Posting Komentar untuk "Bahaya Kesalahan Penggunaan Antibiotik"