Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Apabila Jarang Berkeringat, Bisa Mengalami Dehidrasi?


Kemaren Mamang menjelaskan tentang dehidrasi atau lebih membahas ke akibat apabila dehidrasi diabaikan. Nah sekarang Mamang mau membahas, betul tidak betul tidaaaakkk.. jika tidak berkeringat akan mengalami dehidrasi???
Dehidrasi
Benarkah Apabila Jarang Berkeringat, Bisa Mengalami Dehidrasi?
Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat terjadi akibat berbagai kondisi, salah satunya produksi keringat berlebih. Di sisi lain, tubuh yang jarang berkeringat ternyata juga bisa berakhir pada kondisi dehidrasi. Tahukah Anda akan hal ini? Perlu diketahui, berkeringat adalah mekanisme tubuh untuk mengembalikan suhu ke rentang normal. Tubuh memiliki set point temperatur, yang apabila terjadi peningkatan suhu lingkungan atau di dalam tubuh, maka set point tersebut akan mencetuskan serangkaian aktivitas untuk menyesuaikan suhu tubuh.
Cara tubuh menurunkan suhu adalah dengan mekanisme penguapan keringat melalui kulit dan melebarkan pembuluh darah. Di sisi lain, bila suhu lingkungan dingin, maka tubuh akan menghasilkan panas untuk mempertahankan suhu tetap normal dengan melakukan kontraksi otot berulang (mengigil) dan memperkecil ukuran diameter pembuluh darah.

Benarkah Apabila Jarang Berkeringat, Bisa Mengalami Dehidrasi?
Nah, Kehilangan cairan tubuh bisa terjadi, salah satunya pada saat berolahraga. Mekanisme timbulnya rasa haus itu sendiri dapat distimulasi oleh berbagai faktor, dan sayangnya, ketika berolahraga tubuh justru kurang sensitif merasakan haus.
Parahnya, rasa haus tersebut bisa semakin tidak terasa saat seseorang berolahraga di pusat kebugaran yang memiliki ruangan ber-AC. Hal-hal seperti itulah yang kemudian membuat seseorang benar-benar lupa bahwa tubuhnya sedang 'berteriak' meminta pasokan cairan tambahan. Jika tidak dituruti, dehidrasi pasti akan terjadi.
Apakah ada cara untuk mencegah peristiwa seperti itu? Ada! Berikut tipsnya:
  • Minum air putih kira-kira 400–600 ml dua hingga tiga jam sebelum mulai berolahraga.
  • Selama berolahraga, minum 150-350 air setiap 15-20 menit. Sesuaikan ini dengan jenis olahraga, kondisi lingkungan, dan kondisi tubuh Anda.
  • Setelah berolahraga, minum 450-675 ml air untuk setiap kehilangan 0,5 kg berat badan selama olahraga.

Semoga pembahasan hari ini bermanfaat, karena pasti teman-teman Mamang banyak yang kerja diruangan ber-AC huehueee.. jadi tetap waspada ya, jangan anggap tidak akan terjadi dehidrasi.

Eman Eman
Eman Eman Ordinary one who try to be an blogger and youtuber

Posting Komentar untuk "Benarkah Apabila Jarang Berkeringat, Bisa Mengalami Dehidrasi?"