Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil

jendelakesehatan - Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu HamilHallooooo... Mamang Eman seminggu ini mau bahas mengenai ibu hamil, nah untuk topik saat ini Mamang mau bahas mengenai saran posisi tidur untuk ibu hamil, karena jika ibu hamil tidur terlentang, itu tidak diperbolehkan karena sangat berbahaya untuk ibu dan janin. yuks simak penjelasannya
Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil

Ketika hamil, seorang wanita tidak boleh tidur dengan posisi sembarangan. Pasalnya, saat hamil wanita mengalami perubahan fisik. Ketika hamil kapasitas ruang rahim mengalami pembesaran hingga 500 kali lipat. Selain itu, berat rahim juga meningkat sampai 20 kali lipat jika dibandingkan sebelum anda hamil. Ketebalan dinding rahim juga bertambah, dari awalnya 1,5 -2 cm, menjadi 20- 22 cm. Berat rahim dan isinya juga mengalami peningkatan menjadi 6,5 kg di bulan akhir kehamilan. Peningkatan berat rahim dapat menyebabkan tertekannya pembuluh darah besar seperti aorta, serta vena cava dalam perut anda. 
Keadaan ini akan berbahaya untuk ibu, maupun bayi yang dikandung. Karena penekanan tersebut menjadikan sirkulasi darah ke jantung ibu, maupun janin menjadi berkurang. Karena perubahan yang terjadi pada ibu hamil ini, maka ibu hamil tidak boleh tidur sembarangan. Ibu hamil tidak boleh tidur dengan posisi sembarangan, apalagi tidur dengan posisi telentang. Posisi tidur telentang tidak disarankan selama kehamilan karena akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Tidur dengan posisi telentang ketika sedang hamil akan membahayakan bayi yang dikandung. Saat anda tidur dengan posisi telentang, beban rahim anda akan membuat sirkulasi darah ke jantung menjadi lambat. Sehingga akibatnya jantung anda akan menjadi sulit memompa, serta mengalirkan darah ke tubuh anda, termasuk pada janin.

Posisi Tidur yang Disarankan Selama hamil anda dapat tidur dengan posisi ideal yang disarankan. Posisi tidur yang paling aman selama kehamilan yaitu posisi tidur menyamping ke kiri. Tidur dengan posisi ini tubuh dan janin hanya akan menerima tekanan yang sedikit apabila dibandingkan dengan posisi tidur yang lainnya seperti tengkurap, telentang ataupun tidur dengan posisi miring ke kanan. Beban pada rahim anda akan dipindahkan ke sisi anda dan tidak akan menekan organ tubuh seperti perut, hati dan lainnya. Selain itu, tidur dengan posisi miring ke kiri sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar. Untuk mencegah perubahan posisi ketika anda tidur, anda dapat membiasakan tidur dengan posisi menyamping. Agar tidur anda lebih nyaman, cobalah untuk mengganjal perut anda dengan menggunakan bantal.

Semoga bermanfaat

Eman Eman
Eman Eman Ordinary one who try to be an blogger and youtuber

Posting Komentar untuk "Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil"